Sejarah Dan Peraturan Loncat Indah Dalam Olahraga

Renang indah terlihat sebagai cabang olahraga yang paling mudah namun ternyata cabang olahraga ini membutuhkan kekuatan, stamina, kelenturan keanggunan dan artistik serta kemampuan luar biasa untuk mengendalikan pernafasan. Tidak diperlukan alat-alat khusus bagi para perenang namun bukan berarti mudah. Mereka harus melakukan gerakan-gerakan yang sulit di dalam air sambil menahan nafas mereka. Penjepit hidung digunakan untuk mencegah air masuk kedalam hidung dan membuat para perenang bisa bertahan lebih lama dibawah air. Gel tertentu digunakan pada rambut hingga rambut mereka tidak berantakan dan sedikit make uip tahan air. Yang paling utama adalah speaker di bawah air supaya para perenang bisa mendengar musik ketika mereka sedang menyelam

Pada awalnya, lebih dikenal dengan balet air, renang cantik dimulai diperkenalkan dikanada pada tahun 1920 an. Kemudian menyebar hingga ke amerika 1934 di chicago word fair yang kemudian menimbulkan banyak komentar positif. Olahraga ini semakin terkenal ketika esther williams (aktris dan perenang) tampil dengan diiringi orchestra MGM dengan judul “Aqua musiccal”pada tahun 40-50 an.
Sejarah dan Peraturan Loncat Indah dalam olahraga
 Loncat Indah
Dari tahun 1948-1968, renang cantik hanya dipertunjukkan dalam olimpiade. baru pada tahun 1984 di los angles, mulai dipertandingkan. Cabang olahraga ini diperuntukan hanya untuk wanita saja dengan dua kategori : duet dan tim. kedua kategori termasuk kelas bebas dan kelas teknis, masing-masing diiringi dengan musik dan dibatasi oleh waktu. Renang indah memiliki dua cabang pertandingan, figure (sikap dasar) dan teknikal routine yang masing-masing dibawakan dalam batasan waktu.

Cabang figure mempertandingkan kesempurnaan gerakan secara teknis dan tidak menggunakan musik. Sebaliknya, cabang technikal routine menggunakan musik. Gerakan renang yang dilakukan atlet harus berdasarkan urutan yang sudah ditetapkan sebelumnya, termasuk diantaranya, boost, rocket,thrust dan twirl. Cabang figure dan technikal routine masing-masing bisa dipertandingkan secra tunggal, duet atau beregu dengan masing-masing regu terdiri dari 8 pemenang

Dalam setiap pertandingan figure maupun technikal routine, atlet diminta melakukan 2 set gerakan, technikal routine (TR) dan free routine (FR) penilaian untuk masing-masing set gerakan:
  1. Technikal routine
  2. Pelaksanaan (executtion)
  3. kesan keseluruhan(Overall impression)
  4. Free routine
  5. Keterampilan teknis(technikal merit)
  6. Kesan artistik (artistic impressions)
Nilai total tertinggi yang bisa diperoleh atlet atau regu adalah 100 perolehan nilai dihitung dari nilai total atlet untuk masing-masing set gerakan. Juri terdiri dari 10 orang yang dibagi menjadi dua kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang juri. Kelompok juri yang satu menilai keterampilan teknis sedangkan kelompok juri yang lain menilai kesan artistik. Setiap juri berhak memberi nilai tertinggi 10.
Sejarah Dan Peraturan Loncat Indah Dalam Olahraga
4/ 5
Oleh