Cara Melakukan Tes Kelincahan Pada Seorang Atlet

Cara Melakukan Tes Kelincahan Pada Seorang Atlet - Agility atau kelincahan adalah komponen penting yang di butuhkan oleh hampir seluruh cabang olahraga (getchell, 1997). Agility atau kelincahan adalah kemampuan untuk mengubah arah atau posisi tubuh dengan cepat yang di lakukan bersama-sama dengan gerakan lainnya. Bagi anak, kelincahan merupakan komponen kesegaran jasmani yang harus dimiliki. Tanpa kelincahan, anak di katakan tidak dalam keadaan normal atau mungkin sedang sakit. Kelincahan bagi mereka adalah sesuatu yang khas sesuai dengan kodratnya.

Jadi kelincahan harus menempati prioritas utama dalam melatih kesegaran jasmani setiap anak. bagi orang dewasa kelincahan tidak berarti kurang penting, tetapi apabila di lihat dari kebutuhan serta aktifitas yang di lakukan, kelincahan terbatas kepada cabang olahraga yang di lakukannya. Untuk para atlet kelincahan memiliki peran penting demi tercapainya kemampuan penampilan secara baik.
Seorang atelt sangat perlu untuk memiliki, memelihara dan menjaganya agar kemampuan agality, teta menjadi satu kesatuan dengan kemampuan fisik yang lainnya. Dan dibawah ini merupakan beberapa contoh untuk mengetahui tingkat kelincahan seseorang.

Cara Melakukan Tes Kelincahan Pada Seorang Atlet

1. Right Boomerang Run Test
Tujuan : Untuk mengukur kelincahan (agility)
Pelaksanaan: Tanda kerucut di tempatkan pada 17 feet (5,18) dari garis start. tanda yang lain di tempatkan pada 15 feet (4,57m) disebrangtanda pertama. Tanda kerucut lain di tempatkan pada 15 feet (4,57 m) di samping tanda pertama dari garis start.
Orang coba berlari ke arah titik atas dan berkelok lalu lari kembali berkelok ke kiri melingkarii titik sebelah kanan kemudian berputar di titik tengah melingkarinya dan kembali ke garis finish.

2. Zig Zag Run
Tujuan : Mengukur kelincahan bergerak seseorang
Pelaksanaan: Orang coba berdiri di belakang garis batas bila ada aba-aba “ya” ia berlari secepat mungkin mengikuti arah panah sesuai dengan diagram sampai batas finish. Orang coba diberi kesempatan melakukan tes ini sebanyak 3 kali kesempatan, gagal bila menggeserkan tonggak, tidak sesuai dengan arah panah pada di agram tersebut
Penilaian: Skor catat waktu tempuh yang terbaik dari 3 kali kesempatan percobaan tersebut dan di catat sampai 1/10 detik.
gambar tes kelincahan
Tes Agility
3. Lari hilir mudik ( shuttle run)
Tujuan : Tes ini bertujuan untuk mengukur kelincahan siswa dalam mengubah arah
Pelaksanaan: Start di lakukan dengan start berdiri, pada aba-aba bersedia berdiri dengan salah satu ujung kakinya sedekat mungkin dengan garis start. setelah di beri aba-aba ya maka orang tersebut mencoba untuk segera berlari menuju ke garis batas untuk mengambil dan memindahkan balok pertama ke setengah lingkaran yang berada di tempat garis start.

Kemudian kembali lagi menuju ke garis batas untuk mengambil dan memindahkan balok ke dua ke setengah lingkaran yang berada di tempat garis start. dan pada saat balok terakhir diletakkan stopwacth maka di hentikan.

4. Illionis Agility Run
Tujuan: Untuk mengetahui kelincahan seseorang
Seseorang bersedia siap di garis start pada aba-aba ya maka orang tersebut berlari secepat-cepatnya menujua garis , salah satu kaki harus menyentuh garis. Kemudian balik menuju bangku pertama, berputar kekiri pada bangku pertama lalu melakukan zig-zag sehingga bangku ke 4 berputar kekanan pada bangku ke 4. kemudian zig-zag kembali menuju bangku pertama. Berputar kekiri pada bangku pertama, kemudian berlari menuju garis B dan berputar menuju garis finish.

Ini lah beberapa Cara Melakukan Tes Kelincahan Pada Seorang Atlet, dengan aturan dan penjelasan seperti di atas, Semoga bermanfaat.
Cara Melakukan Tes Kelincahan Pada Seorang Atlet
4/ 5
Oleh