Cara Memelihara Ayam Petelur Modal Kecil Penghasilan 10 Juta Perbulan

VOVOnews. Cara Memelihara Ayam Petelur Modal Kecil Penghasilan 10 Juta Perbulan. Dalam mengembangkan budidaya ayam petelur yang ada di indonesia bisa kita kembangkan melalui perorangan maupun membuka usaha secara berkelompok. 

Budidaya ayam petelur  bisa di lakukan di mana saja asalkan di setiap daerah tersebut memiliki potensi nilai jual yang tinggi dari hasil telur yang di kembangkan melalui usaha ayam petelur. Ayam petelur memiliki macam-macam varietas nya mulai dari jenis ayam nya dan bibit unggul ayam tersebut. 

Untuk menghasilkan telur yang bagus dan berkualitas tentu tak hanya dari bibitnya saja tetapi tergantung dengan pola pemberian makan, komposisi makanan nya serta perawatannya dalam mengembangkan usaha ternak ayam petelur

Ayam petelur bisa anda kembangkan di daerah mana saja, misalkan di daerah jambi, yang merupakan suatu daerah yang memiliki potensi dalam mengembangkan ayam petelur. Dalam mengembangkan maupun membuka usaha ayam petelur apakah membutuhkan dana yang besar ? 

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam membuka usaha ayam petelur sendiri memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apa lagi untuk mengembangkan ayam petelur harus lah anda persiapkan mulai dari bibit anakan yang bagus, kandang nya beserta makanan yang di jadikan untuk memberikan pakan nya setiap hari.

Keberadaan dalam mengembangkan usaha ini memang sangat berpotensi sekali, apa lagi telur mulai saat ini mengalami kenaikan dalam setiap tahunnya. Untuk wilayah jambi sendiri dalam mengembangkan usaha ternak ayam petelur ternyata mampu menghasilkan puluhan butir telur.

Usaha tersebut di kembangkan secara individual namun sekarang sudah mempekerjakan karyawan sebanyak 12 orang untuk lokasinya yang sudah di survei sendiri yakni di daerah muaro jambi kasang. Beberapa kali saya telah mampir untuk melihat bagaimana cara memelihara sampai bisa menghasilkan, di sana kita dapat menimba ilmu pengetahuan.

Ternyata hanya dengan modal kecil syarat memiliki bibit yang baik maka bisa menghasilkan butiran telur yang sangat luar biasa rata rata telur yang di hasil kan cukup berkualitas besar-besar dan sangat cocok untuk di budidayakan dari jenis indukannya beserta cara merawat nya yang lebih baik lagi.

Dalam usaha yang telah di rintisnya selama ini memang membutuhkan waktu yang cukup lumayan sehingga bisa menghasilkan yang sampai tak pernah di duga-duga, penghasilan tersebut bagaikan mimpinya yang tak pernah terfikirkan selama ini, begitu hebatnya merintis mulai dari kecil-kecilan dan saat ini sudah bisa menghasilkan puluhan juta rupiah dari hasil ayam petelur tersebut. 

Lantas bagaimana cara merawat ayam petelur dan memeliharanya sampai menghasilkan telur yang berkualitas ?

Baca Juga : 6 Cara memilih unggas petelur yang unggul dengan mudah

Seperti yang sudah saya utarakan di atas bahwa untuk menghasilkan telur yang besar-besar dan berkualitas tentu bukan hanya dari indukannya saja atau varietas jenis ayam petelurnya, namun selain dari hal tersebut anda juga harus tau dalam proses perawatannya yang bagus serta jenis pakan yang cocok untuk ayam petelur tersebut. 

Dalam proses pengembangan ayam petelur di daerah jambi memang bisa di katakan berhasil, karena dari proses pemberian pakannya sangat bagus serta perawatannya sangat di jaga sekali, apa lagi dengan penghasilan yang dimiliki nya saat ini tentu menjadikan sebuah inspirasi bagi semua orang yang ingin mengembangkan usaha dari ayam petelur ini, karena bisa di katakan dalam memiliki usaha ayam petelur sangat menjanjikan bagi siapa saja yang ingin merintisnya mulai dari nol.

Cara Memelihara Ayam Petelur Modal Kecil Penghasilan 10 Juta Perbulan
Photo: Pixabay.com
Cara merawat ayam petelur yang bisa menghasilkan telur berkualitas

Ayam petelur sama hal nya dengan ayam biasa nya, tetapi yang membedakan nya hanya dari proses kehidupannya yang tidak sama dengan ayam bisa nya. Bisa kita tangkap dari kata-kata tersebut bahwa nama nya juga ayam petelur sudah pasti setiap hari nya akan menghasilkan telur baik itu yang kelas rendah, menengah dan kualitas tinggi. 

Tetapi bagaimana jika kita memiliki usaha tersebut dan ingin memiliki ayam petelur yang bisa menghasil kan telur dengan kualitas tinggi ? jawabannya adalah tergantung dari perawatannya dan jenis ayam yang di pelihara serta komposisi makanan dari ayam tersebut. Oleh karena itu untuk mengetahui dalam perawatannya serta memeliharanya anda bisa lihat dari penjelasan di bawah ini:

1. Kebersihan Kandang
Kebersihan kadanga juga merupakan sebuah faktor terpenting dalam memelihara ayam petelur sehingga bisa menghasilkan telur yang berkualitas serta keadaan ayam yang tetap sehat. Kebersihan kandang juga bisa menjadi faktor utama ketika ayam bisa dinyatakan sehat.

Bagaimana ayam bisa sehat jika kandang nya kotor tanpa pernah di bersihkan, tentu dari beberapa hal tersebut sangat beresiko penyakit pada ayam tersebut. Perlu kita ketahui bahwa untuk perawatan kandang adalah faktor yang harus di perhatikan dalam memelihara atau merawat ayam petelur. 

Misalkan saja kamu tinggal di rumah yang kotor dan tidak pernah di bersihkan, tentu hal tersebut membuat anda sangat tidak nyaman sekali dari keadaan tersebut, maka dari itu untuk membuat suasana menjadi nyaman maka yang harus di lakukan adalah menjaga kebersihan lingkungan. Maka dari itu lah sama hal nya dengan ayam yang perlu adanya tempat tinggal yang layak, dan bersih sehingga bisa menghasilkan kualitas telur nya.

Dalam kebersihan kadang sebenar nya mutlak untuk di lakukan dalam usaha peternakan, ketika wadah pemberian pakan yang tidak layak atau dalam arti tidak bersih tentuk akan menimbulkan beberapa penyakit akibat kurang bersihnya kandang ayam petelur.

2. Pakan ayam petelur
Pakan juga merupakan bagian terpenting dalam membuka usaha ini, untuk menghasilkan telur yang berkualitas tentu makanan menjadi faktor utama, oleh karena itu dalam memelihara ayam petelur memang sangat membutuhkan pakan yang cukup banyak.

Hal ini bisa anda lakukan dalam pemberian pakannya yaitu 3 kali sehari, dan jangan lupa untuk di berikan minum nya. Pakan ayam petelur sendiri bisa anda gunakan dengan jagung yang sudah di giling, sentrat, tepung ikan dan beberapa campuran lainnya yang bisa di gabungkan untuk makan ayam petelur.

Jika anda memiliki mesin gilingan jagung tentu cara ini akan meringankan biaya yang di keluarkan untuk membeli pakan ayam petelur dari jagung halus. Dengan pemberian pakan maka harus lah sesuai dengan takarannya. jika anda memberikan secara berlebihan dalam pemberian pakannya maka bisa-bisa tidak mendapatkan untung. maka dari itu untuk pemberian pakan harus lah di perhatikan dari takaran nya yang sesuai dengan jumlah ayam nya.

3. Pemberian Nutri dan Vitamin
Dalam memelihara dan merawat ayam petelur juga di perlukan nutrisi dan vitamin sehingga ayam akan tetap sehat. bukan hanya manusia saja yang membutuhkan nutrisi dan vitamin, ayam juga perlu di berikan vaksin. Maka dari itu dalam merawat ayam petelur tidak boleh sembarangan anda juga harus rutin untuk melihat kesehatan dari beberapa ayam yang anda miliki.

Sebaik nya jika ada ayam yang kurang sehat bisa anda pisahkan, dengan tujuan untuk di berikan perawatan sehingga ayam tersebut mendapatkan perhatian khusus untuk di rawat lebih lanjut. 

Dari beberapa hal tersebut memang sepertinya harus wajib untuk anda lakukan, apa lagi keberadaan ayam petelur ini sangat berpotensi sekali ketika anda akan membuka usaha ternak ayam petelur yang bisa anda jual di pasar maupun konsumen yang membutuhkan telur dalam jumlah banyak

Bagaimana Hanya Memiliki Modal Kecil Bisa Berpenghasilan 10 Juta Perbulan?
Seperti yang kita ketahui bahwa dalam mengembangkan suatu usaha yang skala kecil maupun besar bisa di sesuaikan dari jenis usaha tersebut, semakin usaha anda besar maka penghasilan juga bisa besar, dan begitu juga sebaliknya jika anda hanyak membuka usaha yang kecil maka penghasilan bisa di sesuai kan.

Tips untuk mendapatkan 10 juta perbulan dari modal kecil tersebut maka yang bisa anda lakukan adalah untuk tahap awal atau tahap belajar sebaik nya anda memelihara ayam petelur sebanyak 300 ekor ayam petelur. Dalam perhitungan bisnis ini bisa kita hitung mulai dari persiapan bibit dan pakan nya. 

Jika dalam 300 ekor ayam mampu menghasilkan telur sebanyak 300 buah dalam setiap hari nya maka penghasilan anda mencapai Rp.300.000, namun keuntungan tersebut belum di potong dengan pakan nya. Anggap saja harga telur per butir nya Rp.1000 maka Rp.300.000 yang di peroleh dan di potong pakannya sebanyak Rp.200.000 perharinya maka akan sisa Rp.100.000 ini lah penghasilan anda hanya memiliki 300 ekor ayam petelur.

Lantas bagaimana ketika ingin berpenghasilan 10 juta perbulan dari ayam petelur ? Cara tersebut tinggal anda tambahkan jumlah ayam nya dan tentunya modal juga bertambah, pada dasarnya 1 ayam maka akan menghasilkan 1 telur. Maka dari itu dengan memiliki ayam sebanyak 1000 ekor maka sudah di pastikan penghasilan bersih anda akan mendapatkan sebanyak 10 juta perbulan.

Itu lah beberapa hal yang harus anda lakukan ketika ingin merawat serta memelihara ayam petelur dengan modal kecil bisa berpenghasilan 10 juta perbulan. semoga postingan ini bisa bermanfaat. salam sukses.

Penulis : Purnomo

Related

BISNIS 4651390611092909258

Popular Post

BISNIS

INSPIRASI

item