Sejarah dan Teknik Bermain Futsal

  VOVO NEWS      
Sejarah dan Teknik Bermain Futsal -  Futsal berasal dari Bahasa Spanyol, futbol berarti sepak bola dan sala berarti ruangan. Futsal pertama kali di perkenalkan secara tidak sengaja oleh seorang pelatih sepak bola bernama Juan Carlos Ceriani pada tahun 1930 sangat efektif. lantas, ia memperkenalkan sepakbola dalam ruangan dengan jumlah pemain lima orang. Ide ini juga ternyata mendapatkan sambutan positif di berbagai kalangan di hampir seluruh negeri Amerika Selatan.

Futsal berkembang pesat di brazil hingga menyebar ke seluruh dunia. Futsal ternyata sangat efektif untuk mengasah keterampilan bermain bola di lapangan. Oleh karena itulah, futsal pada akhirnya digemari di Eropa, Amerika Serikat, Asia, dan Afrika. Padahal, negara-negara di eropa, afrika, dan Asia, sepak bola merupakan olahraga yang sangat di gandrungi.

Kompetisi futsal pertama kali di gelar pada tahun 1965, yang hanya menyertakan negara-negara Amerika Selatan. Paraguay adalah juara pertama di kompetisi ini. Pada tahun berikutnya, giliran brazil yang memenangkan kompetisi bahkan sampai enam kali berturut-turut.

Pada tingkat dunia, futsal pertama kali di prakarsai oleh Federasi Futsal Amerika Serikat (FIFUSA). Kejuaraan pertama kali di gelar pada tahun 1982 di Sao Paulo, brazil. Ketika itu tuan rumah berhasil menyabet juara pertama. Pada tahun 1985, pertandingan futsal pertama kali digelar di spanyol. Di kejuaraan ini, brazil juga menjadi juara pertama.

Pada tahun 1989, FIFA secara resmi mengakui futsal sebagai bagian dari cabang sepakbola, yang kemudian mengambil alih penyelenggaraan kejuaraan tersebut. kejuaraan tiga tahunan ini dilaksanakan pertama kali oleh FIFA di Belanda pada tahun 1989 dan di hongkong pada tahun 1992. Dalam dua kali kejuaraan tersebut, Brazil lolos sebagai juara.

Kemudian, FIFA mengubah jadwal pertandingan tersebut menjadi empat tahunan dengan pertimbangan waktu. Spanyol di percaya sebagai tuan rumah pada tahun 1996. Kejuaraan ini di menangkan oleh brazil. Pada tahun 2000 di Guetemala dan Taiwan pada tahun 2004, spanyol berhasil lolos sebagai juara pertama. Justinus Lhaksana dan Ishak H. Pardosi, (2008: 20-22).
Sejarah dan Teknik Bermain Futsal
Photo: Pixabay.com
Teknik Memainkan bola
Pemai futsal harus memiliki keterampilan dalam hal membawa dan mengontrol bola dengan akurat. Kemampuan lain yang perlu di kuasai nya adalah menerima bola, merebut, menyundul dan menembak bola.

1. Mengontrol dan menggiring bola
Michael ballcek, pemain asal jerman di kenal dengan kehandalannya ketika bermain di lapangan sepak bola. Sebagai pemain tengah ia mampu mengontrol ke arah dan gaya permainan. ketenagannya dalam mengontrol bola dan menggiring bola menjadikan nya sebagai pemain yang kerap di panggil untuk membela timnas di kancah dunia. Mengontrol bola dengan akurat adalah sebuah modal utama bagi setiap pemain. Menerima operan bola kerap terjadi dalam sebuah pertandingan futsal.

2. Menendang bola
Ada dua jenis tendangan yang di dasarkan atas posisi bola, yaitu tendangan mendatar (ground kicks) dan tendangan voli melambung (volley). Untuk menghasilkan tendangan yang sempurna ketika melakukan tendangan mendatar di butuhkan kelenturan dan keseimbangan. Posisi kaki penumpu dan penendang harus berada dalam keadaan tepat

3. Mengoper bola
Dalam olahraga futsal mengoper bola atau mengumbang sendiri sering di lakukan dalam teknik ini ketika sudah di lapangan, oleh karena itu dalam teknik passing sendiri begitu penting nya di kuasai oleh setiap pemain. Pasing sendiri adalah teknik atau cara mengumpan dengan tepat yang di lakukan oleh setiap pemain.
logoblog

Thanks for reading Sejarah dan Teknik Bermain Futsal

Previous
« Prev Post