Teknik Dalam Melakukan Lempar Cakram

Teknik Lempar Cakram – Lempar cakram adalah jenis olahraga yang termasuk dalam olahraga atletik. Lempar cakram sendiri termasuk dari jenis atletik melempar. Dalam melakukan lempar cakram sendiri harus di lakukan dengan teknik yang benar supaya dalam pelaksanaan praktek lempar cakram bisa di lakukan dengan baik. Dalam melakukan lempar cakram yang harus anda ketahui adalah teknik memegang cakram serta posisi badan dan gaya yang di lakukan dalam melakukan lempar cakram. Untuk mengetahui beberapa teknik dalam melakukan lempar cakram, anda bisa lihat dari penjelasan di bawah ini:

Cara Memegang Cakram
  • Letakkan cakram di atas telapak tangan kiri, yaitu jika melempar dengan tangan kanan (jika tidak kidal). Jari-jari tangan kanan di renggangkan dan peganglah tepi atau pinggiran cakram itu dengan ruas jari tangan bagian atas, hingga menutupi pinggiran cakram bagian depan.
  • Telapak tangan agak di cekungkan dan pinggirannya pada badan cakram bagian atas
  • Setelah cakram dapat dipegang dengan benar, maka turunkan atau bawa ke bawah di samping badan bagian lurus dan tidak kaku
  • Dari samping badan cakram di ayun-ayunkan ke depan dan ke belakang lurus di samping badan, gerakannya hampir sama seperti bandul jam.
Gambar teknik melakukan lempar cakram
Lempar Cakram
Sikap badan pada saat akan melempar
Dalam teknik untuk melakukan lempar cakram memiliki dua cara dalam melakukan teknik atau gaya pada saat melempar, maka dari itu untuk mengetahui teknik atau sikap badan pada saat melempar cakram lihat dari penjelasan di bawah ini:

1. Sikap menyamping
  • Berdiri tegak menyamping kearah lemparan, kedua kaki di buka lebar, kaki kiri kedepan lurus menuju ke arah lemparan, kaki kanan di belakang ( di samping kaki kiri) dengan lutut agak di bengkokkan serong ke samping kanan
  • Berat badan terletak pada kaki kanan dan miring atau condong ke samping kanan
  • Tangan kanan membawa cakram ke samping badan dengan lurus dan tidak kaku, tangan kiri dengan siku di bengkokkan berada di depan badan lemas membantu menjaga keseimbangan. pandangan tertuju ke arah lemparan
2. Sikap membelakangi
  • Berdiri tegak membelakangi arah lemparan, kaki kiri lurus ke belakang menuju ke arah lemparan, lutut kaki kanan di bengkokkan ke depan
  • Berat badan terletak pada kaki kanan dan miring atau condong ke depan
  • Tangan kanan membawa cakram di samping badan dengan lemas membantu menjaga keseimbangan. pandangan tertuju ke arah lemparan
Cara Melempar Cakram
  • Dari samping badan cakram di ayun-ayunkan ke depan atas, dan ke samping kiri, sehingga cakram berada di atas bahu kiri di bawah dagu. Telapak tangan kiri membantu menahan cakram, tangan kanan yang memegang cakram berada di atasnya dengan punggung tangan menghadap keatas dan siku ditekuk. Berat badan pindah ke kaki kiri, kaki kanan lurus ke belakang dan badan menghadap ke depan atau ke sektor lapangan.
  • Dari atas bahu kiri, ayunkan lagi cakram itu ke samping kanan terus ke belakang dengan lengan lurus dan punggung tangan usahakan tetap menghadap ke atas, hingga cakram berada di belakang, di samping kanan sedikit di bawah bahu kanan
  • Gerakan ayunan tersebut di lakukan sambil memutar badan ke belakang dan membengkokkan lutut kanan, hingga badan menghadap ke belakang atau membelakangi sektor lemparan dan berat badan pindah lagi ke kaki kanan
  • Setelah di rasakan ayunan cakram tersebut di atas mantap, maka pada saat cakram berada di belakang dengan lengan lurus, bersiap-siap lah untuk melemparkan cakram. Lemparan cakram di lakukan dengan cara berikut:
  • Pada saat cakram berada di belakang, secepatnya badan di putar ke depan (ke arah lemparan)
  • Pada saat seluruh badan menghadapsektor lemparan secepat mungkin cakram di lemparkan dari belakang melalui samping, ke atas sekuat-kuatnya dengan lengan dalam ke adaan lurus dan punggung tangan harus tetap menghadap ke atas
Sikap Akhir atau Gerak Lanjut
  • Pada saat cakram akan di lepaskan dari tangan, kaki kanan di tolakkan dan badan di lonjakkan ke atas depan
  • Setelah cakram lepas dari tangan secepatnya kaki kanan itu mendarat, kaki kiri di angkat lurus kebelakang lemas, badan membungkuk kedepan, tangan kiri ke belakang dan tangan kanan dengan siku di tekuk berada di depan badan (tidak kaku) untuk menjaga keseimbangan.
Perlengkapan dan Alat Lempar Cakram
Cakram terbuat dari kayu atau bahan lain yang sesuai (badan cakram), dengan pinggiran dari metal atau besi yang tepinya di buat membulat. Cakram berbentuk bulat pipih dan cembung ke tengah. Ukuran cakram untuk pria bergaris tengah (219 – 221)mm, tebal bagian tengah (50-77)mm dan bagian pinggir (44-46)mm dan beratnya 2 kg. untuk wanita, cakram bergaris tengah (180 -182) mm, ketebalan bagian tengah (50-57)mm dan bagian pinggir (37-39)mm, dan berat cakram tersebut adalah 1 kg.

Ini lah beberapa hal penting yang harus anda ketahui dalam teknik melakukan lempar cakram serta mulai dari cara memegang cakram sampai ke teknik atau sikap badan pada saat melakukan lempar cakram.
Teknik Dalam Melakukan Lempar Cakram
4/ 5
Oleh