6 Cara Memilih Unggas Petelur Yang Unggul Dengan Mudah

VOVOnews. Dalam membuka usaha ayam petelur memang dalam segi bibit unggas yang akan kita kembangkan perlu adanya bibit unggas yang bagus atau unggul. Dalam mengembangkan usaha apa pun setiap orang akan mementingkan terlebih dahulu dari bibit yang bagus untuk di kembangkan.

Contoh nya saja dalam usaha selain ayam yaitu ikan lele yang unggul, tanaman unggul dan bebek yang unggul dan masih banyak lagi dari beberapa contoh lainnya untuk keinginan dari setiap pengusaha yang ingin mendapatkan bibit unggul dari usaha yang akan di buka nya.

Begitu penting nya bibit unggul ayam petelur dari usaha yang di buka, tentu dari semua bibit yang di perjual belikan tidak semua nya memiliki keunggulan. Karena bibit yang unggul dapat kita lihat sudah pasti akan menghasilkan telur yang berkualitas, salah satu contohnya yaitu ukuran telur yang di hasilkan besar-besar serta ayam nya tidak mudah terserang penyakit dan masih ada beberapa perbedaan lagi dari ayam petelur yang unggul dan ayam petelur yang biasa-biasa saja.

Dalam membuka usaha ayam petelur memang sudah tidak meragukan, apa lagi kebutuhan telur setiap tahun nya selalu meningkat, tentunya dengan banyak nya permintaan maka dari setiap pengusaha ayam petelur membutuhkan bibit yang bagus serta volume ayam yang harus lebih di tingkatkan lagi sehingga omset yang di dapatkan akan banyak pula.

Oleh karena itu dengan tinggi nya permintaan maka semuanya bisa di atasi dengan mendapatkan bibit unggas petelur yang berkualitas tinggi dan permintaan konsumen akan segera terpenuhi.

Dalam memilih ayam petelur yang unggul dan berkualitas sebenarnya sangat lah mudah bagi yang sudah mengetahui dari ayam tersebut dan akan sulit bagi pemula yang baru pertama kali mengembangkan usaha ini. Unggas biasa memang sangat berbeda jauh dari segi keuntungan yang di peroleh karena sudah jelas bahwa ayam petelur yang berkualitas maka akan lebih menghasilkan. Oleh sebab itu tidak semua orang ingin terjun dalam membuka usaha ayam petelur jika tidak mengetahui dalam perawatannya serta dalam pemilihan unggas unggul.

6 Cara Memilih Unggas Petelur Yang Unggul Dengan Mudah

Sebelum ingin mengetahui bagaimana ayam petelur yang unggul dan berkualitas, maka sebaik nya anda harus mengetahui terlebih dahulu untuk ciri-ciri ayam petelur. Ayam petelur sendiri memiliki banyak jenis nya oleh karena itu untuk memilih bibit yang unggul harus berdasarkan ketahanan dalam penyakit serta ayam dapat menghasilkan ukuran telur yang besar, untuk itu lihat lah beberapa jenis ayam petelur di bawah ini.
1. Babcock white
Merupakan jenis ayam petelur yang sangat bagus untuk di kembangkan karena jenis ayam ini memiliki ketahanan hidup sampai dengan 95%. Dalam ukuran ayam ini dapat kita lihat kira-kira memiliki berat sebesar 1720 gr, serta berat rata-rata telur yang di hasilkan adalah 62,8 gr.

2. Dekalb brown
Meruapakan jenis ayam petelur yang memiliki warna bulu nya coklat yang lebih gelap. Ayam ini memiliki ketahanan hidup 93,9 % dan rata rata berat telur yang di hasilkan oleh ayam ini sebesar 62,7 gr. Dalam ukurann ayam nya sendiri dapat kita ketahui memiliki berat sebesar 1975 gr.

3. Rhode island read
Ayam petelur jenis ini merupakan ayam petelur yang berasal dari amerika serikat. Keunggulan ayam ini sudah tidak di ragukan lagi karena ayam petelur ini mampu memproduksi telur hingga 250 butir.

4. Ayam petelur arab
Dari ayam petelur arab sendiri memiliki dua jenis varian. Dalam produksi nya sendiri ayam tersebut mampu menghasilkan telur hingga 190 sampai 250 telur per ayam dalam setiap tahunnya. Yah memang jika kita memiliki banyak ayam maka sudah di pastikan omset yang akan anda terima juga akan meningkat.

Dari jenis-jenis ayam petelur di atas merupakan jenis ayam yang baru sebagian kecil nya saja, karena pada dasar nya ayam petelur memiliki banyak jenis dan varian nya. Dari masing-masing bibit memiliki keunggulan masing-masing namun semua itu tergantung pada pengusaha yang akan memilih ayam yang lebih menguntungkan.

Baik sekarang kita lihat apakah ayam petelur yang di inginkan untuk di budidayakan atau hanya ingin menghasilkan telur yang besar-besar ? Jika anda memilih opsi yang dari kedua-keduanya maka cara mengenali bibit unggas petelur yang unggul dapat anda lihat dari kriteria di bawah ini.

1. Menentukan jenis ayam petelur
Dalam menentukan jenis ayam petelur saya rasa adalah cara pertama yang harus anda lakukan. Seperti yang kita ketahui bahwa jenis ayam petelur memang sangat banyak, oleh karena itu untuk menentukan jenis ayam petelur yang seperti apa yang bagus untuk di kembangkan maka dapat anda lihat presentase pengusaha ayam petelur yang banyak di kembangkan di Indonesia dengan melihat jenis ayam yang banyak di pelihara.

Dengan begitu maka dapat anda mengetahui jika ayam yang banyak di kembangkan maka sudah pasti ayam tersebut memiliki keunggulan yang dapat di kembangkan dalam usaha anda.

2. Induk ayam petelur
Bukan hanya jenis ayam saja yang dapat menentukan keunggulan ayam petelur tetapi indukan ayam juga akan berpengaruh dalam kualitas bibit yang di kembangkan, bayangkan saja ketika ingin beternak ayam petelur harus menggunakan induk yang biasa-biasa saja sudah tentu anak dari ayam tersebut tidak akan berkualitas.

Oleh karena itu untuk menentukan anak ayam petelur yang berkualitas harus di dasarkan kepada induk ayam petelur. Nah begitu juga sebalik nya jika indukan berkualitas maka anak ayam petelur juga pasti berkualitas namun jauh lebih bagus di lihat juga dari jenis ayam nya.

3. Keadaan kesehatan ayam
Dalam menentukan kesehatan ayam dapat di lihat dari luar, memang tidak semua ayam yang terlihat tegas sudah di pastikan sehat dan ini merupakan opsi yang belum pasti. Menentukan ayam yang sehat dan tidak sehat dapat di lihat tingkah laku dari ayam tersebut, karena pada dasarnya ayam yang sedang tidak sehat maka pergerakan nya tidak agresif.

Ayam yang pergerakan nya sangat kuat dan lincah, ayam ini tidak dalam keadaan lemah maka bisa di pastikan ayam tersebut bagus, namun apa bila ayam tersebut tidak dapat bergerak lincah maka sudah di pastikan ayam sedang sakit.

4. Ukuran ayam petelur
Ukuran menjadi suatu faktor dalam menentukan bahwa ayam tersebut berkualitas atau tidak. Yah memang ayam yang baik memiliki pertumbuhan yang sangat bagus dan lebih cepat maka hal tersebut dapat di katakan suatu bibit yang berkualitas. Oleh karena itu dalam menentukan bibit yang unggul dapat di lihat dari ukuran ayam yang harus lebih di perhatikan.

Namun semua itu sangat jarang sekali di perhatikan, karena banyak nya ayam yang di pesan dan harus di pelihara saya rasa sangat jarang sekali orang akan memilih-milih terlebih dahulu sebelum membeli bibit yang akan di kembangkan nya.

5. Bulu ayam petelur
Dalam ternak ayam petelur memang dapat di lakukan oleh siapa saja, tetapi dalam menentukan bibit yang bagus semua orang sangat jarang sekali bisa menentukan mana yang bagus dan mana yang tidak bagus. Untuk bulu ayam yang baik tentu akan terlihat dengan bulu yang halus dan sangat lebat. Maka dari itu dalam menentukan bibit anda juga harus memperhatikan betul dari segi bulunya.

6. Nafsu makan ayam
Nafsu makan bisa kita jadikan pedoman bahwa ayam tersebut merupakan kriteria ayam petelur yang bagus atau tidak. Seperti yang kita ketahui bahwa ayam yang terlihat makan yang rakus maka sudah di pastikan ayam tersebut sehat dan bagus, tetapi apa bila ayam terlihat lesu saat makan maka ayam tersebut sudah di pastikan kurang bagus.

Ini lah cara memilih unggas petelur yang bagus untuk di kembangkan saat anda membuka usaha ini. Namun saat pemilihan unggas unggul sebaik nya anda lebih teliti dari jenis ayam nya bila perlu saat membeli ayam petelur langsung tanyakan terlebih dahulu dari jenis-jenis ayam petelur tersebut kepada penjual nya.


Dari empat jenis ayam yang sudah di jelaskan di atas merupakan jenis ayam yang bisa di jadikan referensi anda ketika ingin memilih bibit unggul ayam petelur yang akan anda  kembangkan serta melihat kriteria unggas yang unggul.

Related

BISNIS 8235887017304599669

Popular Post

BISNIS

INSPIRASI

item