Bagaimana Cara Menjual Kayu Jati Yang Menguntungkan

VOVOnews. Bagaimana cara menjual kayu jati – Kayu jati merupakan salah satu kayu yang memiliki harga nilai jual yang tinggi, bayangkan saja apa bila anda memiliki kayu jati berpuluh-puluh hektar saya yakin anda adalah orang yang sukses. Dengan keunggulan yang di miliki dari kayu ini ternyata menjadikan suatu bisnis yang bisa mendatangkan omset hingga rantusan juta rupiah.

Banyak pemilik kebun jati maupun penampung kayu jati masih saja kesulitan dalam menjual barang nya. Sebenar nya dalam menjual barang atau produk yang anda miliki bisa kita lakukan dengan mudah hanya saja mungkin anda belum menemukan ide untuk menjual kayu jati.

Indonesia adalah negara yang kaya akan alam nya, berbagai jenis kayu untuk di Indonesia sangat banyak sekali yang bisa di temukan sehingga para pengrajin yang membutuhkan bahan baku ini tetap tidak akan takut untuk kehabisan bahan baku tersebut.

Banyak nya jenis kayu yang bisa di beli tentu akan mempermudahkan bagi orang yang membutuhkan untuk beberapa tujuan nya, pasal nya tidak semua kayu di cari oleh orang tetapi jika kayu jati saya yakin banyak peminat nya, mengapa demikian ?

Kayu jati memiliki kualitas tinggi baik itu dari segi kayu nya dan beberapa hal lainnya seperti pembuatan kursi, meja dan beberapa furniture dengan memiliki kualitas yang tidak di ragukan lagi, oleh karena untuk mencari pembeli kayu jati sebenarnya cukup anda lakukan dengan tips yang akan saya berikan sehingga usaha anda akan tetap lancar jaya.
Bagaimana Cara Menjual Kayu Jati Yang Menguntungkan
Photo : Pixabay.com
Dalam menjual kayu jati sebenarnya ada dalam tiga buah bentuk fisik, sehingga dalam proses menjual kayu ini anda harus memperhatikan dari 3 aspek berikut:

1. Kayu jati yang sudah menjadi papan atau kaso
2. Kayu jati yang sudah menjadi gelondongan
3. Kayu jati yang masih hidup tetapi sudah siap di tebang

Dari tiga jenis fisik di atas merupakan salah satu faktor yang benar-benar di perhatikan, karena untuk mencari pembeli anda harus memiliki target pembeli yang seperti apa ? apakah mencari pembeli kayu jati untuk kebutuhan mebel, papan, kaso atau untuk di jual ke perusahaan.

Maka dari itu dengan memilah cara tersebut anda akan mempermudahkan dalam proses menjualnya, tetapi jika anda ingin menjual dari 3 aspek di atas maka target pembeli juga bisa semakin sangat luas. Setelah anda memiliki target lalu apa yang nanti nya akan menjadi kendala ?

Kendala yang akan di alami oleh penjual kayu jati

1. Transportasi
Transportasi merupakan salah satu alat untuk mengantarkan barang baik itu dengan jangkauan yang jauh maupun yang dekat. Menjual kayu jati kerap sekali yang menjadikan masalah adalah dengan transportasi mengapa demikian ?

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam menjual kayu jati akan lebih mudah apa bila jangkauan nya dekat dan apa bila jika jangkauan nya dekat maka akan sangat mudah. Oleh karena itu untuk menjual kayu jati sebaik nya anda harus mencari target pembeli yang jangkauan nya tidak jauh sehingga biaya transportasi tidak akan mempengaruhi harga kayu jati.

2. Harga
Dalam masalah harga akan menjadi persoalan yang berkaitan dengan trasportasi, sehingga apa bila jangkauan semakin jauh maka harga kayu jati akan lebih mahal di bandingkan dengan jangkauan yang dekat.

3. Surat izin
Surat izin akan menjadi masalah apa bila penjual tidak paham dengan aturan yang sudah di terapkan di negara Indonesia. Tidak semua kayu bisa di jual bebas tanpa adanya surat yang legal, maka dari itu dalam proses pembelian dan menjual untuk surat menyurat anda harus benar-benar memperhatikan betul supaya kayu yang anda jual aman dan tidak melawan hukum yang berlaku.

Cara Menjual Kayu Jati

1. Secara Offline
Menjual kayu secara offline saya rasa hampir di setiap daerah ada penjual kayu atau sering di sebut pangklong kayu tetapi di beberapa daerah lainnya memiliki nama yang berbeda-beda. Untuk menjual kayu secara offline memang sangat tepat karena pembeli bisa langsung melihat barang nya secara fisik dan jangkauan pembeli akan sangat terbatas.

Menjual kayu secara offline memang akan menekan baget yang bisa di bilang 2 kali lipat pasal nya anda harus menyewa tempat. Namun apa bila usaha yang anda miliki bisa mendapatkan keuntungan yang lebih maka saya rasa hal ini tidak akan menjadi masalah.

Tips yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut:
- Menjual kayu yang memiliki kualitas terbaik
- Usahakan harga lebih murah di bandingkan dengan penjual lainnya
- Masalah transportasi aman dan harga kayu di sesuaikan
- Lebih baik untung sedikit-sedikit yang penting lancar
- Menyebar brosur di beberapa tempat agar orang mengetahui tempat anda
- Penyebaran brosur tertera harga yang sesuai dengan ukuran kayu
- Pembeli akan datang kembali apa bila semua aspek di atas telah anda lakukan

2. Secara Online
Dalam menjual kayu jati secara online merupakan suatu promosi yang sangat tepat, pasal nya pengguna internet saat ini semakin meningkat. Dengan adanya handphone semua orang bisa mengakses nya dengan lebih mudah sehingga untuk menjadi pembeli bisa anda manfaatkan dengan beberapa situs yang menyediakan untuk menjual produk yang anda miliki. Lalu apa saja yang bisa di lakukan ? berikut tips nya :

- Mempromosikan sekaligus menjual kayu di facebook, twitter, google +, instagram
- Menjual di beberapa group di sosial media dengan syarat kayu yang anda jual aman bukan ilegal
- Menjual kayu jati di situs jual beli seperti, OLX, buka lapak, toko pedia


Ini lah cara termudah dalam mencari pembeli kayu jati yang bisa anda terapkan sehingga keuntungan yang anda dapatkan akan sangat melimpah.
Bagaimana Cara Menjual Kayu Jati Yang Menguntungkan
4/ 5
Oleh