Cara Terbaik Memasarkan Telur Asin Omset 20 Juta Per Bulan

VOVOnews. Telur asin merupakan salah satu jenis makanan yang hampir semua orang mengetahui nya bahwa telur tersebut memiliki rasa yang sangat asin. Makanan ini dapat di buat dari telur itik/bebek yang di olah menjadi jenis makanan yang sangat unik sekali, pasal nya rasa telur ini bukan seperti telur pada umum nya karena yang membedakannya adalah rasa asin yang pekat pada telur tersebut setelah di olah dengan melalui tahap-tahap dalam membuat telur asin.

Produk telur asin memang sudah di kenal sejak dahulu, apa lagi produk jenis makanan ini sangat laku sekali di pasaran. Memang betul sekali tidak semua orang akan suka dengan olahan ini hanya orang-orang tertentu saja yang suka dengan produk makanan ini.

Hampir di setiap daerah akan menyediakan telur asin, tetapi semua nya tergantung kepada pengusaha yang menekuni usaha telur asin ini. Dalam memulai usaha telur asin memang di butuhkan survei terlebih dahulu karena dalam melakukan usaha apa pun itu yang pertama kali di lakukan adalah survei dalam permintaan produk maupun sampai bahan baku yang akan di olah.

Menjadi pelaku bisnis memang hampir semua orang selalu mengdambakan sebuah usaha yang sesuai dengan kemampuan nya, apa lagi usaha yang di jalani bisa sukses tentu hal tersebut perlu adanya tekad yang kuat untuk membuka usaha.

Pengusaha rumahan maupun kelompok kecil terkadang sering kali kita lihat mengalami kesulitan dalam memasarkan produk, baik itu berupa makanan ringan, kue , suvenir maupun beberapa produk lainnya. Yah memang betul sekali bila masih dalam posisi pemula maka sangat sulit sekali untuk memasarkan produk dagangan nya.

Sebetulnya dalam memasarkan produk ada banyak cara yang dapat anda lakukan, apa lagi telur asin merupakan sebuah produk makanan yang sangat menjanjikan bagi pengusaha kecil yang akan memulai nya.

Modal usaha telur asin sebetulnya tidak lah banyak sekali, hanya saja terkadang pemula akan berfikir bahwa untuk membuka usaha membutuhkan modal yang sangat banyak, oleh karena itu untuk mengetahui seberapa banyak modal yang di keluarkan maka anda dapat melihat pada daftar berikut:

Bahan Baku
Harga
Telur Per Butir
Garam Per Kg
Rp. 2.500
Rp. 2.500

Setelah anda mengetahui harga bahan di atas memang sangat murah sekali bukan, jika di lihat dari keuntungan nya memang sudah sangat jelas menguntungkan sekali. Jika di per jual belikan setelah menjadi telur asin bisanya akan di jual sebesar Rp. 5000 /butir maka kalikan saja setelah bila anda mampu membuat telur asin sebanyak 1000 butir telur asin.

Maka keuntungan kotor anda sebanyak Rp. 5.000.000 dalam 1000 butir telur asin dan apa bila dalam sebulan mampu memproduksi telur sebanyak 4000 butir maka anda akan memperoleh omset sebesar Rp. 20.000.000 tetapi belum terhitung dengan biaya oprasional serta modal nya.

Angka yang sangat fantastis bagi pelaku usaha yang dapat di lakukan di rumah maupun dapat di lakukan untuk kelompok usaha kecil. Lalu bagaimana menjual produk anda apakah ada yang membeli sebanyak 4000 butir telur asin dalam sebulan?
Cara Terbaik Memasarkan Telur Asin Omset 20 Juta Per Bulan
Photo : food.detik.com
Yah memang ini adalah masalah utama yang harus benar-benar di fikirkan secara matang-matang, karena pada dasarnya dalam memasarkan produk bukan lah suatu perkara yang mudah, tetapi akan terlihat gampang jika anda mengetahui cara nya, lalu bagaimana yang harus di lakukan berikut tahapannya:
1. Kualitas
Kualitas adalah suatu produk yang memang harus di utamakan, apa lagi telur asin memang tidak bisa bertahan lama oleh karena itu anda harus benar-benar memperhatikan kualitas dari produk yang anda buat.

Pembeli biasanya akan selalu memperhatikan rasa dari telur, semakin telur asin berminyak maka kualitas nya akan menjadi lebih sangat bagus. Oleh karena itu bagi pelaku usaha harus memikirkan kualitas dari produk nya.

2. Kemasan
Kemasan telur yang menarik menjadi suatu pilihan, namun jika tidak ingin menambah biaya yang di keluarkan anda bisa berkreasi dengan penampilan telur yang menarik atau dengan beberapa cara lain nya agar produk anda terkesan lebih menarik sehingga pembeli akan merasakan penasaran meskipun rasa telur asin pada umum nya sama.

Penampilan dari sebuah produk adalah cara terbaik dalam memikat pembeli, Maka dari itu fikirkan kembali apakah produk anda akan di buat kemasan atau tidak semua nya tergantung pada pelaku bisnis, tetapi untuk lebih di sarankan sebaiknya menggunakan kemasan.

3. Pemasaran offline
Dalam memasarkan produk secara offline merupakan sebuah cara lama yang sampai saat ini menjadi trend jual beli produk. Memasarkan produk telur asin dapat anda lakukan dengan jangkauan yang tidak bisa jauh karena mengingat biaya transportasi yang sangat mahal, lalu bagaimana cara nya ?

Untuk memasarkan produk telur asin sebaik nya anda lakukan untuk menawarkan di toko, warung, rumah makan, penjual bakso dan mie ayam. Dengan menitipkan barang dan dapat anda lakukan di tempat-tempat tersebut tinggal anda melakukan kesepakatan untuk berbagi hasil dengan pemilik tempat warung tersebut atau dengan cara lain.

Kalau pun pemilik warung ingin membeli nya langsung maka hal tersebut akan lebih baik karena uang nya langsung akan anda terima dan bisa di putarkan kembali untuk modal. Tetapi jangan berfokus hanya pada satu tempat saja atau satu daerah saja, maka yang harus anda lakukan adalah menyebar lah dari satu titik ke titik yang lain karena saya yakin dalam satu daerah memiliki banyak warung maupun toko yang akan menjadi target untuk menjual dan memasarkan produk anda.

Jika usaha anda sudah maju maka lebih di sarankan untuk membuka toko khusus telur asin, sehingga dengan cara ini pembeli akan lebih mudah menemukan usaha anda dan tentunya permintaan akan lebih meningkat lagi.

4. Pemasaran online
Pemasaran secara online merupakan sebuah cara yang banyak di minati oleh berbagai kalangan pengusaha, baik itu berupa produk makanan, minuman, pakaian dan properti rumah tangga lainnya, karena dengan memasarkan produk secara online di anggap adalah cara jitu untuk memasarkan produk tanpa mengeluarkan biaya transportasi.

Memasarkan produk secara online merupakan sebuah cara yang bisa di bilang sangat menguntungkan. Internet merupakan sebuah jembatan bagi semua orang supaya bisa lebih meng akses jangkauan yang lebih luas lagi serta tertarget.

Lalu bagaimana dan apa yang harus saya lakukan dalam memasarkan produk secara online ? Baik sekarang yang harus anda persiapkan adalah membuat akun khusus untuk menjualkan produk anda secara online.

Melihat prospek jual beli online yang ada di Indonesia memang sangat menarik sekali, bahkan dalam akses jual beli online sudah di permudah dengan adanya situs-situs besar yang memberikan jembatan dalam jual beli online. Oleh karena itu yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Situs online
Situs buka lapak bisa anda manfaatkan untuk menjualkan produk anda secara mudah. Banyak sekali orang bertransaksi dari situs ini, karena sudah di anggap memiliki kepercayaan dan tentu nya usaha telur asin anda dapat di pasarkan melalui situs tersebut. Selain pada situs tersebut masih ada lagi situs yang banyak di akses oleh orang-orang seperti Lazada, Toko pedia, Olx.

Dari beberapa situs yang ada tersebut dapat anda manfaatkan lebih baik lagi, karena dengan menawarkan produk di situs jual beli akan lebih tepat untuk anda lakukan.

2. Sosial Media
Sosial media yang terdengar oleh semua kalangan mungkin hanya untuk membuat status-status galau, uploud foto dan video tetapi mengingat kembali bahwa sosmed merupakan sebuah target yang sangat potensial dalam memasarkan produk salah satunya dalah telur asin.

Dengan menawarkan produk tersebut dapat anda lakukan di Facebook, twitter, instagram, bbm, Line dan beberapa sosmed lainnya dan tentunya nya hal tersebut dapat anda manfaatkan untuk menjual produk anda dengan lebih mudah.

3. Blog Pribadi
Dalam membuat blog saya rasa semua orang bisa asalkan mampu belajar dikit demi sedikit. Tetapi jika anda memiliki kekurangan dalam mengelola maupun membuat blog maka sebaik nya tidak menggunakan blog untuk memasarkan produk juga tidak masalah, karena anda masih bisa memiliki cara lain yang sudah saya jelaskan di atas.

Tetapi jika anda bisa membuat serta mampu mengelola blog yang baik saya rasa hal tersebut akan menjadi lebih baik lagi untuk memasarkan produk.

Bayangkan saja bila anda mampu menguasai dari penjelasan yang ada di atas, saya yakin anda bakalan memperoleh omzet lebih dari Rp. 20.000.000 karena jangkauan permintaan secara online akan lebih banyak,  belum lagi pendapatan dari permintaan pasar yang di lakukan secara offline, oleh karena itu semua nya tergantung pada niat anda untuk bisa sukses dalam dunia bisnis.

Penulis : Reva Anasya

Editor  : Rama Herma

Related

BISNIS 3743680687323123926

Popular Post

BISNIS

INSPIRASI

item