Analisa Usaha Jamur Tiram 1000 Baglog Mampu Hasilkan 5 Juta

  VOVO NEWS      
Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan salah satu jamur yang bisa di olah menjadi berbagai olahan. Prospek usaha jamur tiram sendiri sangat lah menggiurkan pasalnya dengan membuat 1000 baglog mampu menghasilkan uang sampai jutaan rupiah.

Jamur tiram adalah jamur pangan yang memiliki ciri-ciri seperti payung dengan warna putih dan tektur jamur tersebut sangat lunak. Biasanya jamur ini akan tumbuh secara alami pada batang-batang yang besar atau batang yang sudah lapuk sehingga jamur ini akan tumbuh pada area batang.

Siapa sangka dengan menekuni usaha ini secara terus menerus mampu merubah perekonomian keluarga. Dalam permintaan pasar sebenar nya jamur ini banyak di gemari oleh berbagai masyarakat umum sehingga usaha jamur tiram tetap menjadi unggulan.

Dulu untuk mencari jamur tiram sangat susah sekali pasalnya jamur ini hanya tumbuh di beberapa musim saja dan hanya di beberapa tempat saja, namun dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan jamur tiram sudah bisa di budidayakan baik itu dengan cara tradisional maupun dengan modern.

Pengembangan jamur tiram di setiap daerah selalu ada yang menjalankan bisnis ini, siapa sangka pemerintah juga selalu mendukung dengan adanya kelomopok usaha yang fokus di jamur tiram, sehingga dengan banyak nya kelompok-kelompok usaha ini mampu membantu perekonomian masyarakat.
 
Analisa Usaha Jamur Tiram 1000 Baglog Mampu Hasilkan 5 Juta
Photo Pixabay.com
Prospek Jamur Tiram
Jamur yang biasanya hanya di konsumsi sebagai bahan tambahan untuk lauk atau bahan utama, saat ini berbagai pengembangan dalam olahan makanan ternyata jamur ini bisa di olah menjadi jamur crispy, sehingga nilai jual jamur tiram akan lebih bagus.

Dengan adanya pengembangan usaha rumahan, maka dengan bahan baku jamur tersebut tentu dapat memberikan nilai ekonomi yang sangat menjanjikan, sehingga pembudidayaan jamur tiram harus di tingkatkan agar permintaan pasar bisa terpenuhi.

Harga jamur tiram di setiap daerah memiliki perbedaan mulai dari harga 10.000 per/kg sampai dengan 20.000 per/kg. Oleh karena itu harga tidak bisa di samakan untuk semua daerah.

Jamur akan lebih mahal apa bila pasokan pasar sedikit dan permintaan sangat banyak dan begitu sebalik nya, jamur akan lebih murah apa bila pasokan banyak namun permintaan sedikit.

Analisa Usaha Jamur Tiram
Dalam memulai usaha jamur tiram sebaik nya yang perlu di lakukan pertama kalinya adalah pengetahuan dalam mengelola usaha ini baik itu dalam membuat baglog, perawatan serta beberapa hal lainnya.

Selain pengetahuan dalam mengelola bisnis jamur tiram yang harus di siapkan lagi adalah modal, apakah modal bisa sampai jutaan rupiah ?

Semua nya tergantung pada keadaan lingkungan atau suasana di mana anda akan membuka usaha jamur tiram. Jika anda akan membuka usaha jamur tiram di daerah perkotaan saya yakin modal yang harus anda keluarkan sangat banyak.

Pasalnya anda harus menyewa tempat, membuat gubuk serta beberapa alat lainnya yang di butuhkan dalam membuat baglog jamur tiram. Namun apa bila anda ingin membuka usaha jamur tiram di daerah perdesaan saya yakin untuk bahan baku dan tempat usaha anda sudah bisa di siapkan sehingga untuk modal awal tidak terlalu besar.

Misal nya seperti pembuatan gubuk  bahan-bahan nya bisa dengan menggunakan bambu atau kayu-kayu yang ada di hutan, selain itu untuk atap nya bisa menggunakan alang-alang sehingga pembiayaan bisa ekonomis. Secara detail nya anda bisa melihat perincian dana yang di butuhkan dalam membuat usaha jamur tiram 1000 baglog

Gubuk atau Tempat
Bambu
1000 Baglog
Dana tak terduga
Rp. 500.000
Rp. 300.000
Rp. 2.500.000
Rp. 700.000
Total Modal
Rp. 4. 000.000

Jika anda sudah memiliki tempat maka biaya modal bisa berkurang dan untuk baglog nya anda bisa beli dengan harga Rp. 2.500 per baglog, namun apa bila anda ingin membuat sendiri maka bisa lebih ekonomis serta modal bisa berkurang lagi.

Perawatan Jamur Tiram
Dalam penyusunan baglog ada dua cara yaitu horizontal dan vertikal, pada umum nya baglog di susun secara horizontal sehingga masa panen akan lebih mudah.

Dalam menyusun baglog sebaik nya buka terlebih dahulu cincin dan kertas baglog kemudian diamkan selama kurang lebih 4-5 hari dan atur lah keadaan nya atau suhu ruangan tersebut agar tetap lembab.

Setelah itu potonglah ujung baglog untuk memberikan celah pertumbuhan jamur agar bisa meluas dengan syarat diamkan selama tiga hari dan jangan di siram terlebih dahulu.

Lakukan lah penyiraman dengan sprayer agar hasil nya lebih maksimal, kelembaban akan tetap terjaga

Masa Penen Jamur Tiram
Biasanya setelah penutup baglog telah di buka maka 1 sampai 2 minggu jamur sudah mulai tumbuh dan bisa di panen. Jika dalam perawatan baglog cukup bagus maka anda bisa memanen nya hingga 5-7 kali panen.

Agar bisa selalu panen maka lakukan lah dengan perawatan yang sebaik mungkin sehingga anda bisa memetik hasil nya berlipat-lipat.

Pendapatan Jamur Tiram
Setelah menunggu beberapa minggu dan akhirnya pendapatan jamur tiram sudah bisa di petik, oleh karena itu untuk menghitung pendapatan dari jamur tiram anda bisa lihat dari perhitungan berikut :

Dalam 1000 baglog maka dapat kita asumsikan yang bisa produktif adalah sekitar 900 baglog dan kegagalan hanya 10 %.

Biasanya dengan baglog yang memiliki berat sekitar 1,5 kg maka akan menghasilkan jamur sekitar 0,5 kg/log

Di beberapa daerah memiliki perbedaan harga dan dapat kita perkirakan harga jamur tiram adalah Rp. 12.000/kg.

Dalam pendapatan yang di peroleh adalah 0,5 kg/log x 900 baglog x Rp. 12.000 = 5.400.000 maka untuk pendapatan jamur tiram nya adalah sebesar Rp. 5.400.000

Setelah panen berikut nya anda sudah bisa menikamti hasil dari jamur tiram dengan syarat perawatan nya bagus serta harga jamur tiram tidak menurun dan permintaan pasar tinggi.

Pemasaran Jamur Tiram
Dalam pemasaran jamur tiram tidak lah sulit, karena untuk permintaan jamur tiram biasanya sangat banyak sehingga tidak perlu bingung mau di bawa kemana hasil dari jamur yang sudah anda kelola.

Biasanya pembeli akan datang sendiri ke rumah atau ke tempat usaha anda, meskipun tidak ada maka yang perlu anda lakukan adalah menawarkan kepada tempet-tempat yang menjual sayuran.

Promosi jamur tiram bisa anda lakukan dengan keliling atau melalui online, sehingga pembeli bisa mengetahui bahwa di tempat sekitar nya ada pembudidaya jamur tiram sehingga permintaan jamur tiram akan semakin meningkat.

Kerugian Usaha Jamur Tiram
Kerugian dalam usaha ini adalah ketika harga menurun serta pengetahuan dalam perawatan yang anda lakukan tidak maksimal sehingga dalam 1000 baglog yang mampu produktif hanya 400 baglog maka dalam perhitungan bisnis yang anda lakukan sudah pasti akan mengalami kerugian.

Dalam membuka bisnis ini sebaik nya anda harus ahli untuk perawatan atau mungkin sebaik nya baglog membuat sendiri sehingga modal tidak terlalu besar, oleh karena itu pengetahuan dalam membuat baglog juga sangat penting sekali untuk di pelajari agar penghasilan atau pendapatan yang akan di terima bakal melimpah.
logoblog

Thanks for reading Analisa Usaha Jamur Tiram 1000 Baglog Mampu Hasilkan 5 Juta

Previous
« Prev Post