Apakah Berbahaya Mengkonsumsi Biji Semangka

Semangka merupakan salah satu buah-buahan yang sangat familiar dan sangat mudah kita jumpai, keberadaan buah ini sangat banyak sekali untuk di Negara Indonesia oleh karena itu buah semangka sudah tidak asing lagi bagi semua masyarakat umum.

Semangka atau tembikai yang termasuk dalam golongan ketimun timunan ini merupakan buah yang berasal dari afrika selatan, namun buah semangka ini juga memiliki beberapa varian. Di Indonesia sendiri buah semangka sudah di kenal adanya buah semangka yang bewarna merah dan satu lagi yang bewarna kuning.

Dari dua warna tersebut ternyata buah semangka juga ada yang tanpa biji dan yang satu lagi memiliki biji. Oleh karena itu dari dua jenis ini ada beberapa masyarakat yang tidak suka mengkonsumsi buah semangka yang ada biji nya.

Berbicara soal harga sudah jelas bahwa semangka yang tanpa biji akan lebih mahal dari pada semangka yang ada biji nya, oleh karena itu jika kita kaitkan dengan kesehatan apakah biji semangka dapat membahayakan tubuh atau apakah ada efek samping yang mengerikan ?
Apakah Berbahaya Mengkonsumsi Biji Semangka
Photos Via Pixabay.com
Apakah Berbahaya Makan Bji Semangka
Masih ingatkah ketika anda masih kecil dan ada sugesti dari beberapa orang tua dahulu misal nya seperti “ Jangan menelan biji semangaka nanti biji nya tumbuh di perut “ alasan orang tua yang takut bahwa nanti kesehatan anak nya terganganggu akibat menelan biji semangka.

Seperti yang kita ketahui bahwa buah semangka memiliki kulit yang sangat tebal, namun di balik semua itu ternyata semangka memiliki daging buah yang tebal dan memiliki rasa yang manis dengan kandungan air yang sangat banyak.

Terkadang ada beberapa orang yang menyadari bahwa ketika mengkonsumsi buah semangka ini sebenar nya bahaya atau tidak ? Baik disini akan kita jelaskan bagaimana jika biji semangka sudah terlanjur di telan.

Menelan biji semangka kurang lebih sama menelan permen karet, yah betul sekali, hampir semua orang merasa panik jika anak nya mengalami masalah tersebut.

Secara faktanya bahwa bila dipersiapkan dengan betul betul biji semangka sebenarnya memiliki banyak manfaat kesehatan, karena biji ini dikemas dengan protein, vitamin, dan mineral.

Menurut Huffington Post, sekitar 1/8 dari segenggam biji semangka mengandung 10 gram protein. Untuk mendapatkan manfaat nutrisi semangka secara utuh anda harus mengumpulkan biji semangka sedikit demi sedikit untuk mencapai satu genggam tangan.

Ada beberapa penyebab mengapa anda tidak bisa mengkonsumsi buah semangka yang ada bijinya ? salah satu nya adalah takut biji nya akan tumbuh di perut selain itu juga rasa biji terasa aneh dan tidak enak jika di makan.

 Sebenar nya jika anda tau bahwa cangkang hitam dari biji tersebut menyegel endosperma dan nutrisi lainnya yang tersembunyi di dalamnya sehingga biji semangka mampu memberikan manfaat yang baik untuk tubuh anda.

Tidak Perlu khawatir karena lambung memiliki kelenjar yang mengeluarkan cairan pencernaan penting, yaitu getah lambung.

Getah lambung adalah cairan Asam Klorida (HCL 0.4 %) yang berfungsi mengasamkan semua makanan yang masuk ke lambung dan juga sebagai zat antiseptic, hal ini dapat anda rasakan ketika mengalami mual dan muntah.

Jadi sudah jelas bahwa suasana asam di lambung tidaklah cocok untuk tempat biji-bijian yang kebetulan masuk ke dalam perut anda untuk tumbuh apalagi menjadi pohon, oleh karena itu pada kesimpulannya bahwa biji semangka aman untuk di konsumsi.

Selain biji semangka ternyata daging buah semangka ini lah yang sebenarnya membahayakan tubuh anda, lalu apa saja penyakit yang dapat di timbulkan dari buah ini adalah sebagai berikut:

Bahaya Mengkonsumsi Buah Semangka
Semangka merupakan jenis buah yang memiliki kandungan yang dapat memberikan manfaat untuk tubuh anda, namun semangka yang bagaimana yang bias memberikan efek negative.

Jenis buah apa pun itu jika di konsumsi secara teratur akan memberikan manfaat untuk tubuh namun jika anda mengkonsumsi nya secara berlebihan maka dapat menimbulkan efek yang sangat tidak bagus, lalu apa saja ?

Darah Rendah
Darah rendah sering sekali di alami oleh beberapa kaum perempuan, namun ada juga beberapa laki-laki mengalami darah rendah.

Ketika anda memiliki darah rendah sebaik nya harus menghindari buah yang satu ini, pasal nya buah semangka dapat menurunkan kadar tekanan darah sehingga anda akan mengalami pusing dan badan menjadi tambah lemas.

Penyakit Ginjal

Ada beberapa pantangan yang harus anda hindari ketika memiliki penyakit ginjal, salah satu nya adalah buah semangka. Buah semangka terkenal dengan dengan kandungan nya seperti potassium, jika anda terlalu banyak mengkonsumsi buah ini maka kinerja ginjal anda lebih meningkat sehingga jika hal tersebut di biarkan dapat memicu kerusakan ginjal anda sendiri.
Apakah Berbahaya Mengkonsumsi Biji Semangka
4/ 5
Oleh